Senin, 07 September 2015

Png warns papua barat aktivis


Oleh makereta komai, editor pacnews di port moresby, papua nugini

Port moresby, 07 september 2015 (pacnews) --- Sekretaris jenderal kepulauan pasifik forum sekretariat, dame meg taylor mengatakan masalah yang dari papua barat akan menjadi salah satu masalah contentious akan ditangani oleh kepulauan pasifik forum pemimpin ketika mereka bertemu di port moresby minggu ini.
Dan sudah, penyelenggara negara papua nugini telah menolak untuk entri barat akhlas papuan, benny wenda, merupakan indikasi kontroversi yang mengelilingi laporkan masalah dari 46 th konferensi tahunan pasifik pemimpin di port moresby.
Di fiji, sekretaris jenderal amerika kebebasan untuk gerakan papua barat, lebih octovanius adalah ' diam ' diminta untuk meninggalkan pertemuan dari kepulauan pasifik pengembangan forum (pidf).
Mengatasi wartawan di media workshop di port moresby pada hari jumat, luar negeri dan telekomunikasi menteri, kejuaraan penunggang kuda rimbink berkata papua nugini posisi jelas, " kami memiliki hubungan yang kuat dengan indonesia dan kami tidak akan melakukan apa-apa yang akan jeopardise atau panggilan ke pertanyaan yang Kedaulatan, integritas dan kompetensi yurisdiksi indonesia selama lima melanesian provinsi di indonesia."
Menteri hinted kejuaraan penunggang kuda yang siapa saja yang bukan anggota dari independen negara anggota tidak akan diizinkan untuk memasuki negara.
" tentu saja ada aturan dan peraturan forum pemimpin pada apa yang dapat dan tidak dapat melakukan tapi dari perspektif kita, siapa pun yang tidak independen anggota forum yang seharusnya tidak diizinkan untuk memasuki negara," Kata menteri kejuaraan penunggang kuda.
Memahami bahwa pacnews png telekomunikasi yang mencari papua barat lain aktivis memasuki negara untuk forum pemimpin rapat.
Senior masalah regional ahli bilang pacnews di port moresby yang menyedihkan barat papuan aktivis yang menjadi sasaran ketika salah satu dari lima prioritas masalah untuk pergi sebelum pemimpin minggu ini ada di papua barat.
" saya takut bahwa indonesia tampaknya meletakkan banyak tekanan di papua nugini sebagai penyelenggara negara," Kata ahli.
Lebih banyak octa, sekretaris jenderal amerika papua barat gerakan menolak entry ke kepulauan pasifik pengembangan forum pertemuan di suva minggu lalu. Dia mengerti untuk menjadi bagian dari pemerintah daerah delegasi untuk port moresby minggu ini.
Sekretaris jenderal dame meg taylor adalah melihat bahwa ' sulit masalah yang memerlukan frank dan berpotensi sulit diskusi oleh para pemimpin kita.'
" aku tidak tahu bagaimana pemimpin akan menangani masalah papua barat. Beberapa pemimpin bergairah tentang masalah ini, sementara orang lain bergairah tapi peduli dengan implikasi untuk negara mereka dan untuk wilayah," Dame meg mengatakan kepada wartawan hadir media workshop mengorganisir oleh kepulauan pasifik berita association (pina) dan kepulauan pasifik forum sekretariat (pifs) di port moresby minggu lalu.
Namun, satu hal yang jelas dari kiriman yang dibuat untuk spesialis di sub panitia regionalism adalah pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di papua barat adalah masalah regional yang perlu ditangani oleh forum pemimpin di level daerah.
" anda semua menonton apa yang terjadi di recent melanesia spearhead group (msg) pertemuan. Itu akan lebih compounded dengan 16 pemimpin membahas masalah ini dengan lensa mereka sendiri.
" sekretariat telah ditanyakan dulu, jika sudah nyaman dengan papuan barat masalah yang dibahas. Saya ingin mendorong anda semua untuk penelitian sejarah kepulauan pasifik forum. Hari awal, ada banyak masalah ekonomi tapi sebagai politik dari daerah berubah, masalah seperti nuklir, percobaan kemerdekaan kami untuk negara dan self-tekad menjadi kritis tenet dari kepulauan pasifik forum.
" aku kira aku salah satu dari orang-orang yang tongkat ke rumah tenets atau kiriman yang institusi dibangun di," Dame meg disorot, tanpa mincing dia kata-kata.
Memahami pacnews pemimpin akan diminta untuk catatan kekhawatiran dari pelanggaran hak asasi manusia di papuan provinsi di indonesia, indonesia recognising kedaulatan.
Mereka akan diminta untuk melanjutkan untuk terlibat indonesia melalui kemitraan ekonomi, sosial, budaya, program olahraga dan orang-orang yang mengambil.
Forum badan pejabat dokumen dari 19 agustus 2015 yang diperoleh oleh pacnews mengatakan, ' setiap misi yang diusulkan ke indonesia akan harus berdasarkan diskusi dengan dan undangan oleh indonesia.'
Selain itu, panggilan untuk memberi sanksi dan rujukan ke pbb decolonisation panitia yang dianggap sebagai tindakan yang tidak pantas.
Mengutuk dan menangani pelanggaran ham di papua barat adalah salah satu dari lima masalah prioritas dalam agenda dari forum pemimpin minggu ini.
15 kepulauan pasifik forum pemimpin dan fiji adalah menteri luar negeri akan hadiri siaran weeklong konferensi tahunan pasifik pemimpin.... (pacnews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar